Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu karena di bulan ini pahala dari setiap ibadah yang dilakukan akan berlipat ganda. Momen berpuasa di bulan Ramadan juga tak kalah dinantikan umat muslim, tak terkecuali mereka yang sedang menderita penyakit kronis seperti diabetes.

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa penderita diabetes diperbolehkan tidak berpuasa sehubung dengan kondisi kesehatan mereka yang tidak memungkinkan. Namun beberapa yang lainnya tetap mencoba menjalankan ibadah puasa sebagaimana mestinya.

Lalu, adakah aturan atau cara tertentu agar mereka yang menderita diabetes dapat tetap berpuasa tanpa khawatir mengalami penurunan kondisi tubuh? Berikut ini kami berikan beberapa tips agar tetap sehat selama berpuasa untuk Anda yang menderita diabetes.

1. Konsultasikan Kesehatan
Sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kondisi tubuh Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah memungkinkan bagi Anda menjalankan ibadah puasa, dan aturan berpuasa yang tepat bagi Anda.

2. Kontrol Makan Saat Berbuka
Saat berbuka puasa, orang-orang yang berpuasa cenderung tidak dapat mengontrol nafsu makan mereka. Namun bagi Anda yang menderita diabetes, kontrol diri sangat diperlukan. Hindari untuk mengonsumsi minuman manis dan makanan berat yang memicu terjadinya hiperglemia. Jaga asupan Anda dengan mengonsumsi minuman rendah gula dan kalori, serta konsumsi makanan ringan dengan porsi yang juga tidak berlebihan.

3. Memantau Kadar Gula Darah
Setiap harinya akan penting bagi Anda untuk terus mengontrol kadar gula darah agar Anda terhindar dari berbagai resiko. Untuk penderita yang menjalani pengobatan dengan suntik insulin, Anda juga bisa menyesuaikan kadar insulin dengan aktivitas yang Anda jalankan mau pun dengan asupan yang Anda konsumsi.

4. Melakukan Diet Seimbang
Jika selama hari-hari biasanya Anda menjalankan diet seimbang sesuai aturan dokter, maka di bulan Ramadan ini Anda tetap harus menjalankannya. Perbedaan yang akan Anda temui mungkin hanya mengenai waktu konsumsi saja, bukan mengenai kuantitas dan kualitas dari makanan yang dikonsumsi.

5. Jangan Lewatkan Makan Sahur
Bagi penderita diabetes, makan sahur adalah hal yang harus dilakukan. Perut yang kosong selama berjam-jam bisa saja menjadi pemicu naiknya kadar gula darah. Lalu, tetap makan sahur pada dini hari, bukan tengah malam.

Tips di atas merupakan cara-cara yang bisa Anda coba selama menjalankan ibadah puasa agar kondisi tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk tetap mengontrol kesehatan Anda secara rutin. Selamat berpuasa.