Penderita Diabetes, Inilah Asupan yang Baiknya Dikonsumsi Saat Berbuka

Bagi penderita diabetes, berpuasa tak hanya soal berusaha menahan lapar dan haus namun juga menahan kadar gula darah tetap stabil meski tidak makan selama berjam-jam. Untuk itu perlu adanya kiat khusus agar ketika berbuka tak lantas membuat mereka lepas kontrol dalam menjaga asupan yang memicu naiknya kadar gula darah secara mendadak.

Sebagai upaya pencegahan kenaikan kadar gula darah secara signifikan, ada beberapa jenis asupan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes saat berbuka puasa. Apa sajakah jenis menu tersebut?

  1. Air Mineral
    Sebagai pembuka Anda bisa meminum air mineral untuk menghidrasi tubuh dan mengurangi konsumsi minuman manis lainnya. Hindari meminum minuman berkafein seperti kopi dan teh yang justru membuat Anda cepat merasa haus.
  2. 2. Buah-buahan
    Buah dengan indeks glisemik rendah seperti apel, pisang, pir, atau jeruk bisa menjadi pilihan untuk Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah potong ataupun dijadikan jus tanpa tambahan pemanis.
  3. 3. Karbohidrat Kompleks
    Untuk makanan utama, bagi Anda penderita diabetes akan lebih baik jika mengonsumsi karbohidrat kompleks yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Gandum, biji-bijian, oats, atau nasi merah bisa menjadi pilihan. Kombinasikan karbohidrat kompleks tersebut dengan sayuran, protein dari daging, tahu-tempe, atau ikan.

Sebaliknya, dalam menentukan menu berbuka ada pula jenis asupan yang perlu Anda hindari seperti:

  1. 1. Makanan Berlemak
    Batasi konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak trans ketika berbuka puasa. Jenis makanan tersebut antara lain gorengan, kue-kue manis, es krim, dan makanan/minuman bersantan.
  2. 2. Pengganti Karbo
    Berbeda dengan karbohidrat kompleks, makanan pengganti karbo seperti roti, kentang, dan biskuit cepat dicerna oleh tubuh. Hal ini akan membuat Anda cepat kembali merasa lapar dan memicu Anda untuk makan lebih banyak.

Tak hanya jenis dari menu yang dikonsumsi, jumlah porsi untuk setiap asupan yang Anda konsumsi pun sebaiknya diperhatikan pula. Jangan lupa untuk mengecek kadar gula darah Anda setiap harinya ya.

27 April, 2020
Kategori: /
Diposting oleh Melabic Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang

MelabicIndonesia.com adalah website resmi untuk produk Melabic yang juga merupakan bagian dari Ocydia.com. Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik serta menyediakan produk-produk original dan berkhasiat.

Copyright © 2020 Melabic — Powered by Ocydia Digital Dept

Copyright © 2020 Melabic
Powered by Ocydia Digital Dept

Melabic is a part of

Keranjang Belanja
There are no products in the cart!
Continue Shopping
0